Welcomes

Welcomes to Danyrham's blog

Minggu, 05 Juni 2011

Kisah Seorang Petani

Seorang petani mempunyai sebidang sawah di lereng bukit. Tidak ada mata air atau cabang sungai yang dapat dipakai untuk mengairinya. Karenanya setiap hari ia naik turun lereng gunung memikul air untuk mengairi sawah itu.

Pada suatu ketika serombongan pejabat dari kota datang ke desanya. Mereka sangat terkesan atas ketekunan petani itu. Sebelum meninggalkannya, mereka berjanji untuk membelikan sebuah pompa air.

“Terima kasih atas perhatian Bapak-bapak, tapi saya tidak dapat menerimanya.” “Mengapa?”

“Saya seorang pemarah. Pekerjaan itu telah melatihku menjadi penyabar.”

Kebaikan kerja keras tidak hanya dipandang dari hasil yang diperolehnya atau tujuannya. Proses kerja keras sendiri yang bernilai.

Seperti yang dialami petani pemikul air, kerja keras ternyata bisa membentuk pribadi manusia. Rutinitas kerja adalah medan latihan yang sangat baik. Melalui kerja keras, kita juga bisa membangun diri kita menjadi pribadi yang berkualitas, penyabar, setia, tekun, tahan menderita dan rendah hati.

Apakah pembentukan pribadi ini berjalan otomatis? Tidak semua. Ketekunan dan daya tahan terhadap derita mungkin muncul dengan sendirinya. Tetapi yang lain-lainnya tidak.

Kuncinya terletak pada kesadaran. Memikul air tidak dengan sendirinya menjadikan seseorang penyabar. Hanya kalau disadari atau diniati sebagai latihan, kerja keras apapun akan berguna bagi pembentukan pribadi kita. Kerja keras tak pernah merugikanmu…..
sumber : www.topmotivasi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar