Welcomes

Welcomes to Danyrham's blog

Selasa, 10 Agustus 2010

MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT


Pernahkah anda mendapatkan nilai ulangan atau ujian yang buruk? Padahal anda sudah mempersiapkan diri anda yaitu dengan “belajar” saat malamnya sebelum ulangan atau ujian di esok harinya. Dan anda bertanya-tanya dalam hati “kenapa nilai saya buruk, padahal saya selalu belajar setiap malam. Anda juga penasaran ingin mengetahui letak kesalahanya dimana?
Anda belajar memang sangat benar, karena tugas seorang pelajar memang belajar bukan! Kesalahanya adalah terletak pada sistem cara belajarnya. Di saat anda belajar yaitu membaca, menghafal dan mencatat yang sangat lama dan banyak. Anda akan mengingatnya, tapi itu tidak bertahan lama. Karena otak anda di bebani kata-kata atau kalimat yang banyak tanpa mengetahui cara kerja alamiah otak anda. Apalagi biasanya disaat anda selesai belajar anda langsung menggerjakan aktifitas lain seperti nonton TV, main game, dengerin mp3 ataupun langsung tidur.
Nah, itu semua yang menyebabkan anda lupa dengan apa yang anda



pelajari semalam. Jika memang ingat mungkin hanya sedikit hanay beberapa kata atau kalimat saja.
Sebab itulah diciptakannya sebuah MIND MAP (peta pikiran) oleh TONY BUZAN. Karena dia juga penah merasakan hal yang sama, saat masih duduk di bangku sekolah ( tepatnya di smp).
SEJARAH TERCIPTANNYA “MIND MAP”
Saat TONY BUZAN menginjak usia remaja, pola pikirnya kacau balau dan mulai membenci apapun yang behubungan dengan belajar. Dia mulai mengamati munculnya PARADOKS luar biasa yaitu semakin banyak dia mencatat semakin buruk pelajaran dan ingatanya.
Dalam suatu upaya untuk mengatasi masalah itu, dia mulai menggaris bawahi kata-kata dan gagasan-gagasan penting dengan penah merah (stabilloh) dan juga memberi kotak untuk hal-hal penting seperti misalnya gambar yang menurut dia mudah diinggat. Sunnguh ajaib, ingatanya mulai membaik.
Pada saat dia masuk di perguruan tinggi dia masih berjuang keras untuk mengembangkan pola pikirnya. Sampai kemudian akhirnya dia menemukan bahwa sebagian besar, pemikir besar terutama Leonardo da Vinci menggunakan gambar, kode, dan garis penghubung dalam catatanya. Mereka membuat coret-coretan dan dengan demikian catatan mereka menjadi tampak hidup.
Selama penjelajahannya ini, Tony buzan kerap berjalan-jalan di alam terbuka, di mana di mendapati dia lebihmudah berpikir, berimajinai, dan bermimpi. Dia mulai menyadari bahwa karena kita adalah sebagian dari alam, maka pemikran dan cara kita mencatat dan menghafal harus berhubungan dengan alam dan juga harus mencerminkan alam; kita harus mencerminkan hukum-hukum universal alam dalam berfungsi.
Hanya ada satu solusi untuk dilemanya itu, alat pikirnya harus bisa mengaplikasikan rentang penuh kegiatan harian manusia, dan harus berdasarkan cara kerja alamiah otak. Dia membutuhkan sesuatu yang mencerminkan proses alam dan bagaimana cara kerja otak alamiah otak kita bukanya sesuatu yang membuat kita terkekang akibat terpaksa bekeja melawan kodrat kita. Yang akhirnya terbentuk adalah alat yang mirip sulur bintang, sederhana, dan cantik yang benar-benar mencerminkan kreativitas dan kecemerlangan alamiah proses berpikir kita yaitu MIND MAP.
APA ITU MIND MAP ?
MIND MAP itu sendiri adalah merupakan alat yang paling hebat yang membantu otak kita berpikir secara teratur.
Mind map membantu anda belajar, mengatur, dan menyimpan sebanyak mungkin informasi yang anda inginkan. Karna cara kerja MIND MAP sama dengan cara kerja alamiah otak kita, yaitu IMAJINASI (gambar) dan ASOSIASI (jejaring). Semua mind map memiliki beberapa kesamaan. Mind map selalu menggunakan warna. Struktur alamiah Mind map berupa radial yang memancar keluar dari gambar sentral. Mind map menngunakan garis, lambing, kata-kata, serta gambar, berdasarkan seperangkat aturan yang sederhana, mendasar , alami , dan akrab bagi otak. Dengan menggunakan Mind Map, daftar informasi atau catatan pelajaran yang panjang dan menjemukan bias diubah bentuknya menjadi diagram berwarna-warni, mudah diingat dan sangat beraturan serta sejalan dengan cara kerja ALAMIAH OTAK.
APA YANG DIPERLUKAN UNTUK MEMBUAT MIND MAP?
Karena mind map mudah dibuat dan demikian alami sifatnya, bahan-bahan untuk “resep Mind map” sebenarnya sedikit saja yaitu:
1. Kertas kosong tak begaris
2. Pena dan pensil berwarna
3. Otak
4. Your Imajinasi !
MANFAAT MIND MAP
Selain menyenangkan untuk dibuat Mind Map juga bermanfaat, Mind Map membantu kita dalam banyak cara ! ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar